Google Search Engine

Kamis, 16 April 2015

Kenapa Data Siswa di DAPODIKMEN Kosong ??

Assalamu'alaikum teman2..

Akhirnya bisa menulis lagi setelah lama hilang seperti ditelan bumi.. hehe

Disini akan sy arsipkan sedikit masalah teman seperjuangan saya sebagai Operator Sekolah.
Suatu Ketika seorang teman bertanya "Bro.., di Dapodik kok siswa sy kosong.."
Nah berbekal pertanyaan itu kemudian kami sepakat utk menggunakan Teamviewer, setelah utak atik beberapa saat, dan akhirnya sy mendapat petunjuk dari Bapak Sukari (Salah Satu Fasilitator Dapodikmen) melalui web pribadi beliau.
Dalam web beliau ada tulisan berjudul "Dataku di dapo.dikmen kenapa bisa kosong/hilang ?"

Ternyata ada 2 kesalahan yg biasa terjadi

Kesalahan 1

Kesalahan ini biasanya terjadi pada orang yg baru belajar utak atik, contohnya saya.. (hehe, tp alhamdulillah database nya gak bermasalah..)
Kebanyakan teman2 operator mencoba meng-utak atik database Dapodikmen menggunakan aplikasi lain, ya sebut saja aplikasi pihak ketiga lah.. biar enak. :D
Nah karena menggunakan aplikasi pihak ketiga inilah maka database yg kita kirim atau kita syncron tidak terbaca oleh database pusat melalui dapo.dikmen.kemdikbud.go.id, dan terbaca data kita kosong, padahal kita sudah capek-capek ngedit segala macam data menggunakan aplikasi pihak ketiga ini.
Oleh karena itu kita tidak dianjurkan utk menggunakan aplikasi diluar dapodikmen, nah kabar dari fasilitator dan pengembang dapodikmen, nanti akan keluar versi baru yaitu 8.1.4 dan di versi terbaru ini akan diunci segala akses editing melalui aplikasi pihak ketiga.

Kesalahan 2

Ini kesalahan yg kemungkinan sepele tapi berakibat fatal.
Seperti yg sy baca di laman Pak Sukari, dan langsung sy praktekkan ternyata 100% BERHASIL..
Beberapa hari yg lalu ada teman yg mengeluhkan bahwa data siswa di dapo.dikmen kok kosong, dan tadi malam kami menggunakan Teamviewer.
Dan ternyata ada hal yg kita fikir itu sepele, tp ternyata mempengaruhi hajat hidup Operator Sekolah dan menyita waktu istirahat pada Operator Sekolah.. (hhehe, lebay dikit gpp kan..??)
 Nah, data yg di kotak merah itulah yg salah, jika teman2 menemui kasus seperti ini, maka penyelesaiannya adalah Jenis Rombel jika terisi Teori segera digantikan menjadi Kelas dan jangan lupa disimpan, setelah itu prosesnya cek Validasi dan jika sudah menjadi 0 Baris Kesalahan maka silahkan di Singkronisasi.
Dan... jeng..jeng...
Data di dapo.dikmen.kemdikbud.go.id akan berubah, tp tidak serta merta berubah lho ya.. akan berubah setelah pengambilan data oleh web dapo.dikmen, yg biasanya dilakukan setiap jam 00:00 setiap harinya.

Ini contoh keberhasilan kami bersama.. :D
Mungkin ini sedikit corat-coret saya utk hari ini, smoga bermanfaat bagi kita semua khususnya para Operator Sekolah.
Selamat Bekerja, Selamat Bertempur,
Raihlah Kemenangan Menaklukan Data dengan Sabar dan Senyum.. :) :) :)
Semoga Bermanfaat

Note :
Terima Kasih Khususnya kepada Bapak Sukari untuk sgala ilmu yg diberikan. (khususnya dalam laman http://sukari.info/v2/index.php/en/261-dataku-di-dapo-dikmen-kok-kosong-hilang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentari artikel ini ...