Google Search Engine

Senin, 27 Oktober 2014

Verivikasi dan Validasi Peserta Didik SMA

Assalamu'alaikum teman2..

Sudah lamaaaaaaa sekali, akhirnya ada kesempatan juga tuk menulis sedikit pengalaman saya..
Kali ini saya akan bahas sedikit tentang VERVALPD atau VERIVIKASI DAN VALIDASI PESERTA DIDIK yang disediakan oleh Kemdikbud melalui Online.

VervalPD ini merupakan sebuah langkah terobosan dunia pendidikan, karena di VervalPD ini, kita bisa langsung mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara realtime tanpa menunggu lama.. (pengalaman saya sih gitu.. hehe).
Nah langsung saja menuju ke TKP..

Disini saya asumsikan teman2 sudah pernah mendaftar dan sudah diaktivasi akunnya di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru dengan melampirkan SK Operator dalam bentuk PDF, kira2 tampilan pendaftarannya seperti ini :
Nah, jika sudah disetujui oleh Pusat, maka kita buka alamat ini nih.. http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ kemudian akan muncul tampilah LOGIN

LOGIN lah dengan menggunakan Email dan Password yang didaftarkan di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ tadi, setelah itu tampilan awalnya adalah begini nih..

Setelah itu Klik Menu RESIDU untuk mengetahui siswa kita yang ber NISN dobel atau malah belum punya NISN. Setelah tampil nama-nama siswa di RESIDU tadi gambarnya :












1. Pilih nama siswa yang kita inginkan, akan muncul dibawahnya hasil pencarian yang disesuaikan dengan PDSP,
2. Klik Search Next, jika kita ragu-ragu pada data siswa yang ada, dan untuk mencari barangkali ada data siswa yang cocok dengan siswa yang kita maksud, kemudian
3. Klik Nama siswa yang cocok, kemudian
4. Klik Match jika siswa tersebut kita rasa cocok dengan siswa yang kita cari NISN nya.
Maka data siswa tersebut akan otomatis masuk kedalam menu REFERENSI.

Nah, pertanyaannya jika siswa tersebut belum punya NISN, setelah kita Search Next sebanyak 5 kali belum menemukan hasil...????
Begini caranya :













1. Pilih nama siswa yang kita inginkan, akan muncul dibawahnya hasil pencarian yang disesuaikan dengan PDSP,
2. Klik Search Next, jika kita ragu-ragu pada data siswa yang ada, dan untuk mencari barangkali ada data siswa yang cocok dengan siswa yang kita maksud, kemudian
3. Lihat data yang muncul dengan nama yang sama, tapi cek kelengkapannya seperti Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Ibu Kandung. Jika tidak ada yang sesuai maka ..
4. Klik Not Match, karena tidak ada data yang sesuai dengan yang kita cari, maka akan muncul tampilan
Klik OK jika yakin apa yang kita lakukan, maka otomatis sistem akan membuatkan NISN baru untuk siswa kita, seperti gambar..
Lakukan hal seperti tahap sebelumnya..

Nah, siswa kita sudah punya NISN deh klo gitu..

Mungkin demikian dulu tulisan singkat setelah sekian lama gak nulis, mohon maaf jika ada kesalahan, kritik dan sharing mohon untuk dilayangkan kepada saya, di e-mail ato di laman facebook.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Selamat Bekerja Teman2 Operator Sekolah..
Tetap Semangat..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentari artikel ini ...