Google Search Engine

Selasa, 24 November 2009

Proses Pembuatan Program

Pertama saya mohon maaf kalau ada kekurangannya, maklum masih belajar programming (^_^).
Disini saya akan memberikan sedikit ilmu yg saya dapat, ini tentang tahapan pembuatan sebuah program, baik itu menggunakan Delphi, Visual Basic, Dreamweaver (untuk web programming), dan sebagainya (pokoknya keluarganya Programming deh..)

Tahapan-tahapan yang diperlukan antara lain :

1. Output
Sebelum kita membuat sebuah program, yang kita rancang dulu adalah bagaimana nanti keluarnya program itu, misal bagaimana nanti hasil print out nya, bagaimana nanti hasil laporan, apakah ada grafiknya? dan sebagainya... (pokoknya setelah program jalan trus hasilnya kayak apa, kurang lebih gitu deh..)

2. Input
Setelah menentukan Output, kita harus menentukan Input yang akan dimasukkan kalau Outputnya seperti yang kita rancang, kira2 apa saja input yang diperlukan.

3. Proses Pembuatan Program
Dimulai dari pembuatan Context Diagram (CD) yaitu diagram awal sebuah sistem yang akan kita rancang, trus Data Flow Diagram (DFD) yaitu diagram pecahan / setelah decompose dari CD, DFD dibagi menjadi beberapa yaitu DFD level 1,2,3 dst. sampai yang kita inginkan. Untuk CD dikenal juga dengan DFD level 0. trus ada juga Entity Relation Diagram (ERD) diagram untuk menunjukan relasi dari tabel yang akan kita buat, lalu kita buat database yang diperlukan, setelah itu kita buat form.

4. Interface
Setelah selesai yang ketiga, lalu kita buat interface (tampilan) yang akan kita tampilkan pada program yang kita buat. Seperti mempercantik form, tampilan awal, dsb.

5. Pengkodean (Coding)
Yang terakhir adalah coding, ini merupakan tahapan terakhir pembuatan program sekaligus tahap paling membutuhkan ketelitian, soalnya kalo salah kode wah bisa berabe programnya, klo kata orang jawa kodenya "dipetani" untuk mencari kesalahan kode.

Itulah tahap2 buat program, tapi bila ada kekurangannya saya mohon dimaafkan... hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentari artikel ini ...